Tips Agar Bayi Sehat

Standar

matahariku-11Untuk memulai kehidupan yang berkualitas pada buah hati Anda, pastikan tempat bersalin yang Anda pilih mendukung ASI eksklusif. Segera sentuhkan puting susu ibu pada mulut bayi segera setelah dia dilahirkan. Setelah itu pastikan juga bayi segera divaksinasi hepatitis B segera setelah lahir.

Ketika anak sakit, tanyakan kepada dokter, apa penyebabnya dan bagaimana tindakan yang perlu dilakukan. Sebaiknya Anda tidak semata-mata bertanya tentang apa obatnya saja. Jangan segan untuk terus bertanya tentang hal yang ingin Anda ketahui untuk kesehatan anak meskipun sang dokter terkesan malas menjawab. Oleh karena itulah, Anda tidak perlu “ikut-ikutan” untuk selalu memilih dokter yang dibanjiri pasien.

Hindari penggunaan beragam obat pada saat yang sama (polifarmasi), untuk kondisi yang tidak perlu. Hindari antibiotik jika sakit disebabkan virus. Infeksi karena bakteri pada radang tenggorokan, misalnya, perlu bukti kultur bakteri dengan mengambil usap tenggorok. Jika memang anak memerlukan antibiotik, pastikan dokter meresepkan antibiotik spektrum sempit yang bekerja pada bakteri yang dituju. Infeksi ringan pada saluran napas, telinga, atau sinus hanya perlu antibiotik yang bekerja pada gram positif. Tak ada salahnya berkonsultasi dahulu dengan ahli farmakologi-secara online misalnya-sebelum obat dikonsumsi anak.

Fotokopi semua resep yang diberikan dokter dan diarsip. Hal ini dapat membantu Anda jika anak mengalami reaksi efek samping obat. Hal serupa juga baik dilakukan untuk seluruh anggota keluarga jika memperoleh resep dokter. Jangan pernah memberikan nomor telepon rumah, seluler, ataupun nomor telepon kantor Anda kepada agen pemasaran produk susu formula/makanan bayi di pasar swalayan. Sebab, boleh jadi nantinya Anda akan terus “diteror”. Maksudnya, ditelepon dan dibujuk supaya anak Anda terus mengonsumsi produk mereka.

5 responses »

  1. anak sy baru 9bln tp udah ampir 2minggu batuk pilek n dokter memberikan antibiotik namanya erysanbe/erythromycin, udh berapa kali sejak sakit pst sering d ks antibiotik, mlh wkt dmam gara2 gigi mw tumbuh pun diberi antibiotik yg ingin sy tanyakan perluga sih d ksih antibiotik tiap flu dan batuk? apa anak sy skit krn cuaca saja gt? mohon dijawab ya

  2. anak saya umur 10 hari, ASI saya ga bs keluar,padahal uwdah dikasih berbagai macam obat dan mencoba berbagai saran dr orang dekat tapi tetap ga keluar….cuman beberapa tetes saja dan tetap saya berikan ke anakq…akhirnya aq pake sufor…trus apa ya yg harus aq lakukan agar anakq tetap sehat meski minum sufor???mhn dijawab

  3. Ibu g boleh stress saat menyusui, pikiran hrs happy sll, yg bikin asi g keluar biasanya krn ibu liat asi yg keluar dr payudara sm sedikit,lalu mulai khawatir dan panik. Tetap tenang dan happy kunci asi lancar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s